Jumat, 05 Januari 2024

PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJAN 3D PADA MATERI SISTEM TATA SURYA DI SDN TANJUNG NO.15

PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJAN 3D PADA MATERI SISTEM TATA SURYA DI SDN TANJUNG NO.15




Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi telah membawa perubahan besar dalam berbagai aspek kehidupan manusia. Khususnya pada bidang pendidikan, agar pendidikan dapat mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, maka perlu dilakukan penyesuaianpenyesuaian, khususnya mengenai unsur-unsur pendidikan yang dilaksanakan di sekolah sehinngga membuat proses penyampaian materi pembelajaran lebih mudah dan efektif. Kami selaku mahasiwa yang sedang melaksanakan program Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKNT) Universitas Trunojoyo Madura yang bertempat di Desa Tanjung, Kecamatan Saronggi, Kabupaten Sumenep melaksanakan kegiatan program mengajar yang di laksanakan pada tanggal 05 Januari 2023 di SDN Tanjung no.15. 


Selama kegiatan proses belajar mengajar pada  materi IPAS kami mengajar dengan menggunakan media pembelajaran. Dengan kehadiran media pembelajaran diharap dapat meningkatkan efektifitas proses belajar mengajar, memudahkan peserta didik dalam memahami materi yang disampaikan. Sehingga media pembelajaran yang kami gunakan berupa 3D dengan materi tata surya. Materi ini diajarkan pada kelas IV. Penggunaan media pembelajaran 3D siswa akan lebih mudah mengenali objek aslinya. Dengan adanya media pembelajaran interaktif dapat meningkatkan perhatian peserta didik sehingga meningkatkan semangat belajar peserta didik, dan juga media pembelajaran dapat menanamkan konsep dasar kebenaran, berkesinambungan,  dan tidak mudah dilupakan,


Dalam menggunakan media belajar pengenalan tata surya ini membuat siswa-siswi kelas IV SDN No.15 Tanjung lebih mudah menghafal dan memahami nama planet dan juga letaknya sesuai dengan garis edar. Karena penggunaan media pembelajaran 3D mareri tata surya yang dibuat sedemikian miripnya oleh planet aslinya dengan menyesuaikan warna setiap planetnya. Beberapa planet yang mudah dihafal oleh siswa-siswi kelas IV seperti, merkurius karena letaknya yang sangat dekat dengan matahari, bumi karena planet yang dapat ditinggali oleh manusia, jupiter karena memliki ukuran yang paling besar diantara planet-planet lainnya. 


Dalam proses belajar kami memberikan penjelasan nama-nama planet dengan singkat dan agar mudah dihafal menggunakan metode singkatan seperti "MeVeBuMarsYuSaUrNep" nama tersebut diambil dari awalan 8 planet antara lain Merkurius, Venus, Bumi, Mars, Jupiter, Saturnus, Uranus, dan Neptunus. Selain itu kami memberikan pengertian nama-nama planet tersebut dengan menggunakan lagu. Sehingga siswa dapat menghafal nama pelanet secara urut. Hal tersebut kami lakukan agar siswasiswi kelas IV selalu mengingat nama-nama planet dan letaknya sampai kelas berapa pun dan sampai kapan pun.  



0 komentar:

Posting Komentar